Test Footer

Tuesday, December 24, 2013

10 Tips Agar Tidak Stress Ketika Mencari Kerja


Ketika anda memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan anda, tanpa anda sadari stres menghampiri anda.Banyak diantaranya yang mengakui bahwa sangat sulit untuk mengatasi masalah emosi serta mengatasi mental ketika pekerjaan yang biasanya dilakukan terpaksa harus mereka lepas dengan sebab atau tanpa sebab. Mungkin anda adalah salah satu diantaranya, apakah saat ini anda tengah kebingungan dalam mencari aktifitas baru atau mendapatkan pekerjaan baru? Dan mungkin ketika anda berada di tengah kebingungan mencari pekerjaan baru, anda juga harus menanggung rasa malu karena saat ini anda tidak memiliki pekerjaan lagi.

Namun dengan kondisi demikian justru anda harus bisa memicu semangat anda agar lebih besar lagi untuk mencari suatu pekerjaan, dibandingkan dengan mereka yang masih fres graduate atau dalam kata lain belum pernah bekerja. Mereka yang saat ini tengah kehilangan pekerjaan mereka pastinya sangat membutuhkan semangat dalam menjalani kondisi tersebut, karena semakin mereka terbawa dalam suasana baru hanya akan semakin mematahkan semangat mereka.

Dalam kesempatan ini, kami akan memaparkan beberapa tips yang memang sangat penting atau sangat diperlukan oleh para pencari kerja agar mereka tidak mengalami stres ketika mereka mencari pekerjaan baru.
1. Bergabung dengan group pendukung.
Orang-orang yang memang telah bergabung didalamnya akan banyak mendapatkan informasi-informasi terkait tempat kerja yang sedang membuka lowongan baru atau ide-ide baru dalam bekerja. Karena pada saat itu setiap member akan dimintai berbagai macam pengalaman yang baik serta kiat-kiat khusus yang akan bermanfaat untuk orang lain.

2. Menjadi pekerja sukarelawan.
Mungkin jika anda berpikir bekerja tanpa diberi upah akan menjadi sia-sia, namun keuntungan yang nantinya anda dapatkan tidaklah bisa diukur oleh apapun ketika anda bekerja menjadi seorang relawan. Ketika itu, anda akan mendapatkan banyak relasi, skill anda akan tetap terasah, serta reputasi anda akan semakin terbentuk. Jadi dengan menjadi seorang relawan, pekerjaan yang anda lakukan tidak akan berbuah kesia-siaan bukan.

3. Proyek optimis.
Dalam hal ini, anda bisa bergabung kedalam tempat yang memang bertujuan untuk membagikan sejumlah kata-kata yang memang bersifat positif serta dapat membangun diri kita kembali. Ketika kita merasa diri kita telah down, maka kita harus yakin saat itu kita akan menerima semua apa yang selama ini telah kita berikan.

4. Ingatlah apa saja yang sudah anda raih di tempat kerja.
Ketika anda berhenti bekerja itu bukan berarti prestasi yang anda miliki ikut terkubur bersamanya. Anda dapat mengambil waktu sejenak untuk merenungi apa saja yang selama ini telah anda lakukan ketika anda bekerja guna menggali potensi anda, mengerjakan proyek, andil dalam merintis satu perusahaan, serta masih banyak lagi. Dengan anda mengingat kesuksesan-kesuksesan tersebut, maka pada saat itu anda tidak hanya menjadi semangat, namun anda juga mempunyai nilai-nilai plus untuk anda jadikan modal dalam mencari suatu pekerjaan baru.

5. Berapa banyak orang yang melihat profile anda?
Ketika anda merasa banyak orang yang melihat profil anda, maka hal tersebut akan membantu membangkitkan semangat anda kembali dalam mencari pekerjaan.

6. Buat daftar hal-hal yang patut disyukuri.
Anda dapat menemukan beberapa hal di luar pekerjaan anda agar dapat membuat anda bisa bersyukur. Diantaranya yaitu badan anda yang sehat, pernikahan anda yang bahagia, anak-anak anda yang lucu serta pintar, serta kerabat-kerabat anda yang menyenangkan. Dan hal-hal tersebut tanpa anda ketahui dapat membangkitkan kembali rasa semangat anda.

7. Kendalikan kebiasaan-kebiasaan buruk.
Ketika anda stres, makan sembarangan, terlalu banyak merokok, banyak minum minuman beralkohol, serta mengkonsumsi zat-zat candu hanya akan memperparah stres anda, serta tidak akan memperbaiki kondisi anda yang saat ini, justru akan semakin memperburuk keadaan. Teruslah anda berpikir sehat tanpa harus memngkonsumsi makanan atau minuman yang dapar merusak tubuh anda.

8. Carilah pemimpin untuk diri anda sendiri.
Ketika kondisi tersebut melanda kehidupan anda, maka saat itu anda membutuhkan sosok pemimpin yang memang dapat membantu anda dalam menemukan beberapa ide baru, dapat memerintahkan diri anda untuk tidak menunda-nunda suatu hal yang baik, serta dapat membantu anda untuk lebih fokus lagi dengan tujuan hidup anda.

9. Susunlah jadwal harian.
Anda harus membiasakan diri agar lebih teratur dengan waktu walaupun posisi anda bukan sebagai seorang pekerja, dan masih dalam keadaan sebagai seorang pencari kerja.

10. Ciptakan lingkungan yang nyaman.
Anda dapat mencari teman ataupun kerabat yang mungkin bisa anda ajak rileks untuk saat-saat sulit seperti ini. Namun anda juga harus mengingta, bahwa mereka juga memiliki kepentingan hidupnya masing-masing. Oleh karena itu, anda jangan terlalu tergantung kepada mereka dalam segala suasana. Anda hanya dapat mengajak mereka bersenang-senang saja disaat tidak mengenakkan ini.
Ketika anda berada di tengah kebimbangan dalam mencari pekerjaan, anda bisa menerapkan ke-10 tips diatas guna mengatasi stres ketika anda tengah mencari suatu pekerjaan baru yang lebih menjanjikan lagi serta lebih sesuai dengan keinginan anda.

No comments:

Post a Comment