Test Footer

Thursday, January 16, 2014

Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja Melalui Email


Di jaman yang serba canggih saat ini, dunia seakan-akan tidak ada batasan ruang dan waktu sehingga membuat proses komunikasi antar manusia yang berbeda waktu dan ruang menjadi lebih mudah. Proses kerja juga akan lebih cepat dan efesien dengan adanya kemajuan teknologi. Bukan hanya dalam proses kerja, tetapi juga dalam proses pencarian kerja akan menjadi lebih mudah, contohnya saat kita mengirimkan surat lamaran kerja menggunakan email. Jika dibandingkan dengan menggunakan pos, menggunakan email akan lebih cepat dan efisien.
Saat ini sudah banyak perusahaan yang mengijinkan para calon karyawan untuk mengirimkan lamarannya lewat email. Hal ini tentunya menguntungkan baik bagi perusahaan maupun pelamar. Bagi perusahaan, menggunakan email akan mengurangi jumlah surat lamaran dalam bentuk kertas yang harus mereka terima dan arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk mengirimkan balasan surat lamaran berbentuk email tersebut ke para pelamarnya. Sedangkan bagi pelamar kerja, dokumen mereka akan cepat diproses.
Sekarang yang harus diperhatikan oleh pencari kerja adalah cara penulisan surat lamaran yang akan dikirimkan melalui email. Berikut beberapa tips bagaimana menulis dan mengirimkan surat lamaran Anda:

Judul email
Tulislah judul surat lamaran Anda dengan jelas dan singkat misalnya, “Melamar kerja untuk Manajer Penjualan”. Sehingga orang yang menerima email Anda dapat dengan cepat mengetahui maksud dari email Anda. Ada juga perusahaan yang sudah menentukan judul email yang akan dipakai, misalnya “Accounting” atau sekedar kode “ACC”. Jika Anda menemukan persyaratan seperti ini, harap untuk mengikuti ketentuan yang diberikan oleh perusahaan tersebut.
Dimana surat lamaran ditulis 
Sudah ketentuan umum, seperti pada surat yang menggunakan kertas yang berfungsi sebagai pembuka komunikasi, maka isi surat lamaran ditulis di bagian bodi email / di dalam email.
Resume 
Sebaiknya resume ditulis di file tersendiri yaitu sebagai lampiran email Anda. Jangan menulis resume di badan email, karena bisa menjadikan surat lamaran Anda tidak enak dibaca.
Lampiran yang dikirim
Pada umumnya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerjanya, jenis file yang boleh Anda kirim. Perusahaan biasanya mensyaratkan jenis file .doc, pdf atau .txt kalau perusahaan tidak menyebutkan syarat jenis file yang dikirim sebaiknya menggunakan file .doc. Usahakan ukuran file tidak melebihi 300 KB termasuk foto, periksa terlebih dahulu ukuran filesebelum dikirim. Dan lebih baik lagi jika file yang dikirim di zip terlebih dahulu. Hal ini akan mempengaruhi si penerima email, apabilafile yang di lampirkan terlalu besar tentunya si penerima akan malas untuk men-download-nya.
Uji coba 
Sebelum email dikirim ada baiknya Anda menguji coba dulu mengirim email Anda ke email Anda yang lain, jangan ke email perusahaan yang akan dituju, hal ini untuk memastikan bahwa email dan file lampirannya terkirim dengan baik, dan apabia ada kesalahan Anda masih bisa memperbaikinya.

No comments:

Post a Comment