Di jaman yang serba canggih saat ini, dunia seakan-akan tidak ada batasan ruang dan waktu sehingga membuat proses komunikasi antar manusia yang berbeda waktu dan ruang menjadi lebih mudah. Proses kerja juga akan lebih cepat dan efesien dengan adanya kemajuan teknologi. Bukan hanya dalam proses kerja, tetapi juga dalam proses pencarian kerja akan menjadi lebih mudah, contohnya saat kita mengirimkan surat lamaran
kerja menggunakan email. Jika dibandingkan dengan menggunakan pos, menggunakan email akan lebih cepat dan efisien.
Saat ini sudah banyak perusahaan yang mengijinkan para calon karyawan untuk mengirimkan lamarannya lewat email. Hal ini tentunya menguntungkan baik bagi perusahaan maupun pelamar. Bagi perusahaan, menggunakan email akan mengurangi jumlah surat lamaran dalam bentuk kertas yang harus mereka terima dan arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk mengirimkan balasan surat lamaran berbentuk email tersebut ke para pelamarnya. Sedangkan bagi pelamar kerja, dokumen mereka akan cepat diproses.
Sekarang yang harus diperhatikan oleh pencari kerja adalah cara penulisan surat lamaran yang akan dikirimkan melalui email. Berikut beberapa tips bagaimana menulis dan mengirimkan surat lamaran Anda: